Deskripsi Diri-Serdos



LAMPIRANÂ P.V

TUTWURI2

INSTRUMEN SERTIFIKASI DOSEN

Deskripsi Diri

IDENTITAS DOSEN

1. Nama Dosen yang Dinilai

:

Ir. Risvan Anwar, M.Si

2. NIP/NIK/NRP

:

131 885 596

3. Perguruan Pengusul

:

Kopertis Wilayah II/ Univ. Prof. Dr. Hazairin, SH

4. Nomor Peserta

:

091137411540008

5. Â Rumpun/Bidang Ilmu Yang Disertifikasi

:

Ilmu Tanaman/Budidaya Pertanian dan Perkebunan

DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

2009


Lembar Deskripsi Diri

Pendahuluan

Lembar Deskripsi Diri merupakan salah satu instrumen yang digunakan dalam proses Sertifikasi Dosen Dalam Jabatan sebagai bagian tidak terpisahkan dari Portofolio Dosen. Lembar Deskripsi Diri digunakan sebagai alat bagi dosen untuk menjelaskan keunggulan atau kebanggaan pribadi seorang dosen atas prestasi dan/atau kontribusi yang telah dilakukan dalam menjalankan karirnya sebagai dosen, khususnya terkait dengan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

Lembar Deskripsi Diri (dosen) dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama berkenaan dengan prestasi dan kontribusi dosen dalam kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional, yang dinyatakan dalam bentuk kegiatan pengajaran, penelitian, manajemen pendidikan, pengelolaan mahasiswa, dan pengabdian kepada masyarakat. Sementara itu, bagian kedua menjelaskan prestasi atau kontribusi dosen yang berkenaan dengan kompetensi sosial dan kompetensi kepribadiannya, yang dilihat dari aspek kemampuan mengendalikan diri dalam berbagai situasi dan kondisi, etos kerja, integritas, keteladanan, keterbukaan, kerjasama, serta kreativitas dan inovasi.

Dosen diminta membuat esai untuk setiap kegiatan di bagian pertama dan setiap aspek pada bagian kedua, sehingga akan sangat unik dan berbeda dari satu dosen dengan dosen yang lain. Kemudian, dosen akan diminta melakukan penilaian secara objektif terhadap informasi dalam esai tersebut, menggunakan rubrik yang disediakan. Hasil penilaian akan diverifikasi Sertifikator. Oleh sebab itu objektivitas dosen menilai diri sendiri sangat menentukan dan dapat menjadi gambaran kejujuran profesional dosen.

Rubrik atau Panduan Penilaian Lembar Deskripsi Diri dosen memberikan rambu-rambu penilaian kualitas untuk setiap kegiatan yang dilakukan dosen berkenaan dengan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional, serta untuk setiap aspek yang menggambarkan kinerja dosen dari sisi kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian.  Rambu-rambu penilaian dibuat dalam bentuk “semantic differential” dengan satu (atau lebih) deskriptor untuk setiap kegiatan atau aspek, dilengkapi dengan nilai interval dari setiap deskriptor. Deskriptor terdiri dari satu pasang kata sifat yang saling berlawanan untuk mendeskripsikan sisi negatif atau positif dari sifat yang diterapkan. Nilai interval terdiri dari 1-5 di mana 1 berarti nilai paling rendah dan 5 berarti nilai paling tinggi.


BAGIAN I

Uraikan apa saja yang telah Anda lakukan dalam beberapa tahun terakhir yang dapat dianggap sebagai prestasi dan/atau kontribusi bagi pelaksanaan dan pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi, yang berkenaan dengan hal-hal berikut.

A. Pengembangan Kualitas Pembelajaran (usaha dan dampak perubahan)

Jelaskan usaha-usaha Saudara dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan bagaimana dampaknya!

Saya menyadari bahwa saya mengajar di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dimana mahasiswanya adalah hasil penerimaan mahasiswa yang sudah “terseleksi”. Mereka masuk Fakultas Pertanian Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu setelah mereka tidak diterima di perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi terkenal lainnya. Tidaklah mudah mengajar mereka agar mereka betul-betul mengerti dan paham dengan apa yang saya ajarkan. Saya melihat banyak dari mereka yang pasif dalam mendalami bidang ilmu yang semestinya mereka kuasai. Mereka sepertinya berat untuk membeli buku-buku rujukan, literature-literatur pendukung atau mencari sumber informasi lainnya. Mereka cenderung hanya untuk sekedar lulus dan memperoleh nilai bagus. Sepertinya tidak penting bagi mereka untuk benar-benar memahami dan memperoleh manfaat dari mata kuliah yang diajarkan. Menyadari hal ini maka disetiap awal perkuliahan saya selalu menyampaikan pada mahasiswa apa manfaat dari materi kuliah yang sedang dipelajari ini, apa yang harus mereka ketahui dan pahami. Saya minta mereka mencatat atau saya buatkan catatan dalam bentuk slide, hand out, atau diktat atau kopian bagian buku yang diajarkan. Diakhir perkuliahan saya tanyakan kembali hal-hal yang harus mereka ketahui dan pahami. Untuk memperkaya pengetahuan mereka  saya juga memberi tugas-tugas seperti membuat paper (makalah) dan membuat ringkasan dari bagian buku. Tugas-tugas tersebut dipresentasikan didepan kelas, didiskusikan. Praktikum dan kunjungan lapangan juga dilaksanakan sesuai dengan tuntutan mata kuliah yang saya ampu. Untuk mengetahui sajauh mana kemampuan pemahaman mereka maka saya memberikan quiz, ujian mid semester, ujian semester dan ujian praktikum (Responsi). Penilaian yang saya berikan tidak hanya berasal dari quis atau ujian-ujian tadi tetapi juga dari kualitas tugas-tugas, laporan-laporan, keaktifan dalam diskusi dan kehadiran dalam mengikuti perkuliahan.

Dampak dari cara-cara yang saya berikan, mahasiswa lebih aktif, lebih bersemangat, lebih rajin mengikuti perkuliahan dan lebih rajin mencari dan membaca literatur baik di perpustakaan maupun melalui internet atau sumber-sumber lain. Diskusi-diskusi atau presentasi tugas mendorong mereka terlatih berbicara dan berargumentasi secara sistematis dan rasional. Praktikum membuat mereka lebih mengenal, lebih memahami fenomena-fenomena nyata dilapangan, memperkuat teori yang mereka pelajari dan lebih terampil. Prestasi mahasiswa meningkat, ini bisa terlihat dari sebaran nilai ujian yang mereka peroleh dan kualitas tugas mahasiswa.

B. Pengembangan Keilmuan/Keahlian Pokok (produktivitas dan makna karya ilmiah)

Jelaskan karya-karya ilmiah yang telah Saudara hasilkan, baik dalam bentuk buku, penelitian, jurnal ilmiah, makalah yang dipresentasikan (dalam forum ilmiah), hak paten, hak cipta, artikel dalam media masa dan bagaimana keterkaitannya dengan pengembangan keilmuan Saudara! Berikan judul karya ilmiah (dan jurnalnya) Saudara!

Sejak saya menjadi dosen sampai memiliki jabatan fungsional Lektor Kepala sekarang ini telah cukup banyak penelitian yang saya lakukan. Penelitian tersebut ada yang dibiayai oleh Dikti, ada yang dibiayai oleh lembaga Univ. Prof. Dr. Hazairin, SH (Unihaz) dan ada yang mandiri. Hasil-hasil penelitian tersebut saya publikasikan dalam jurnal-jurnal ilmiah baik yang dimiliki oleh Unihaz dimana saya bertugas, juga perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi negeri lainnya serta jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat. Saya juga cukup aktif menulis artikel di media-media massa (koran) yang terbit di Bengkulu. Saya juga sering sebagai pembicara di forum-forum ilmiah dan sebagai pemateri pada pembengkalan/pelatihan dari instansi-instansi pemerintah. Sejak saya studi S2 saya sangat tertarik pada bidang Ilmu Gulma dan penanggulangannya. Hal ini dikarenakan 15 – 60% biaya usaha tani terserap pada permasalahan penanggulangan gulma ini. Oleh karena itu karya penelitian saya cenderung mengenai Gulma dan penanggulangannya. Obsesi saya adalah ingin menemukan bioherbisida yang murah dan efektif menanggulangi gulma dari pemanfaatan alelopati dan memperkuat kompetisi tanaman terhadap gulma. Sekarang saya sudah mengajukan proposal Hibah Bersaing untuk memperoleh pembiayaan. Hampir setiap kegiatan penelitian saya melibatkan mahasiswa, maksudnya selain dapat meningkatkan wawasan dan kemampuan mahasiswa dibidang penelitian, juga dapat mengurangi beban biaya penelitian mereka dalam penyusunan skripsi.

Bagi saya, sebuah karya akan bermakna kalau dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Saya berharap karya saya dapat mejadi bahan renungan, jadi inspirasi, penuntun dan dapat membantu untuk perubahan hidup yang lebih positif.  Oleh karena itulah hampir semua hasil penelitian dan hasil pemikiran saya publikasikan dalam jurnal-jurnal ilmiah, dalam bentuk artikel di media-media massa, dan juga disampaikan pada forum-forum ilmiah serta materi pengabdian pada masyarakat.

    Beberapa Penelitian/karya ilmiah/makalah:

No

Nama Judul Penelitian/Karya Ilmiah/Makalah

Keterangan

1.

Uji berbagai pola tanam nilam-kedelai untuk menghindari pengaruh allelopati nilam

Peneliti Muda Dikti, 1999.

2.

Uji berbagai herbisida terhadap gulma dan pengaruhnya pada pertumbuhan dan hasil padi sawah system tebar langsung

Jurnal Agroqua ISSN No.0216-8585 Vol.3 No.2 Desember 2005

3.

Uji berbagai herbisida dalam pengendalian gulma dilahan perkebunan sawit

Jurnal Agroqua ISSN No.0216-8585 Vol.4 No.1Â Juni 2006

4.

Uji berbagai herbisida dalam pengendalian gulma tanaman karet

Jurnal Raflesia ISSN 1411-2434 Vol. 11 No. 1 Januari 2008

5.

Uji berbagai herbisida dalam pengendalian gulma pada pertanaman kedelai di lahan basah

Jurnal Raflesia ISSN 1411-2434 Vol. 12 No. 2Â Juli 2008

6.

Percepatan pembangunan kabupaten Mukomuko untuk lepas dari predikat kabupaten tertinggal

Harian Berita Marlborough, 17 – 22 Mei 2006 (berseri)

7.

Bertanam jarak untuk penyelamatan Negara dari krisis

Harian Rakyat Bengkulu, 29 Agustus 2006

8.

Pemberdayaan masyarakat sekitar hutan

Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BP.DAS) Ketahun, Bengkulu. (Pembengkalan LSM Pendamping Gerhan)

9.

Meningkatkan Kesejahteraan Petani Padi Sawah

Mukomuko Pos, 24 Februari, 2008

10.

Pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan

Mukomuko Pos, 4 Maret 2008

11.

Gerakan Pemuda dan Fenomena Kekinian

Makalah Seminar Kepemudaan, 25 Oktober 2008. KNPI Mukomuko bekerjasama dengan Dinas Diknas Kab. Mukomuko

12

Menemukan bioherbisida dengan formulasi dan dosis aktif yang efektif mengendalikan gulma padi sawah Echinochloa crus-galli melalui pemanfaatan alelopati

Sedang diusulkan untuk mendapat Hibah Bersaing, DP2N Dikti 2009.

C. Peningkatan Kualitas Manajemen/Pengelolaan Institusi (perubahan pengelolaan, implementasi kebijakan, dan dukungan institusi)

Jelaskan upaya-upaya keterlibatan Saudara dalam pengembangan manajemen pada unit kerja di perguruan tinggi Saudara, dan bagaimana implementasinya! Berikan contoh keterlibatan Saudara!

Saya menjadi Dekan Fakultas Pertanian Unihaz selama dua periode. Periode pertama Dekan Pergantian Antar waktu (2000 – 2002), Periode kedua tahun 2002 -2006. Selama menjadi Dekan banyak perubahan pengelolaan yang saya lakukan. Selama ini kurikulum di Fakultas Pertanian belum berbasis kompetensi telah menjadi berbasis kompetensi. Selama ini hampir tidak ada upaya-upaya pengembangan/memperkaya silabus, selama kepemimpinan saya meminta setiap dosen agar mengembangkan/memperkaya silabus mata kuliah yang mereka asuh setiap tahunnya. Sebelumnya belum ada perhatian dari pimpinan fakultas agar setiap dosen diawal semester membuat Rencana Kegiatan Belajar Mengajar (RKBM), di jaman saya RKBM tersebut menjadi kewajiban. Selain itu kami juga memonitor serta mengevaluasi setiap semester proses balajar mengajar di Fakultas Pertanian Unihaz. Hasil monitoring dan evaluasi dibawa kedalam rapat dosen dan karyawan setiap awal semester untuk perbaikan diwaktu yang akan datang. Saya juga mengirim dosen/pimpinan fakultas/jurusan untuk mengikuti pelatihan-pelatihan, lokakarya-lokakarya yang berkenaan dengan peningkatan kualitas perguruan tinggi, dosen dan lulusan. Selain itu saya juga pengembangan kerjasama dengan instansi pemerintah, perguruan tinggi lain dan lembaga/perusahaan swasta.Â

Implementasi dari kebijakan perubahan tersebut terlihat perbaikan akan kesungguhan dosen dalam proses belajar mengajar, mulai dari persiapan sampai evaluasi. Terukur keberhasilannya karena instrumentnya telah dibuat. Silabus mata kuliah yang semakin berkembang mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu terbentuk atmosfir akademik yang lebih baik. Mutu lulusan semakin meningkat. Semua ini sangat bermanfaat bagi kemajuan lembaga.

Upaya-upaya perubahan tersebut tersebut mendapat dukungan dan apresiasi dari mahasiswa, dosen, pimpinan fakultas/jurusan dan rektorat karena bermanfaat bagi kemajuan institusi. Â Dukung pihak rektorat ini terlihat dari alokasi anggaran untuk fakultas pertanian yang semakin meningkat, diberi bantuan untuk mengikuti pelatihan, lokakarya dan seminar-seminar. Kebijakan seperti tersebut berlanjut sampai sekarang.

D. Peningkatan Kualitas Kegiatan Mahasiswa (perubahan pengelolaan, implementasi kebijakan, dan dukungan institusi)

Jelaskan upaya-upaya keterlibatan Saudara dalam kegiatan kemahasiswaan dan bagaimana implementasinya! Berikan contoh keterlibatan Saudara!

Saya sangat terobsesi, kiranya lulusan fakultas pertanian Unihaz memiliki jiwa kewirausahaan. Oleh kerena itu ketika saya menjadi Dekan, saya mengusulkan untuk memasukkan mata kuliah kewirausaan dalam kurikulum semua program studi yang ada di Fakultas Pertanian Unihaz yang saya pimpin. Keinginan saya ini didukung oleh Senat Fakultas, karena sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan institusi. Selain itu untuk lebih menumbuhkan jiwa kewirausahaan mahasiswa mereka juga perlu latihan kewirausahaan. Mahasiswa saya bagi dalam beberapa kelompok usaha bersama dan dibimbing oleh seorang dosen pembimbing.

Dalam implementasi kebijakannya, mereka dilatih untuk merencanakan, mengelola dan memasarkan hasil usaha bersama dengan bimbingan dosen. Usaha yang dikembangkan mahasiswa adalah pupuk bokasi, pupuk kascing, bibit bunga-bungaan, bibit kelapa sawit, jasa laboratorium, jasa analisis data, ikan hias, ikan konsumsi, akuarium dan pakan ikan. Semua produk itu berlabel Fakultas Pertanian Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu. Kami juga melaksanakan pameran, walau tidak rutin setiap tahun. Selain memamerkan hasil usaha dan karya mahasiswa, kami juga mengundang kelompok tani, penangkar, distributor dan hobies lainnya. Selain itu kami juga mengikuti pameran yang diselenggarakan pemerintah dan instansi lainnya. Upaya ini membuat mahasiswa tumbuh dan berkembang jiwa kewirausahaannya.

Upaya-upaya tersebut diatas mendapat dukungan penuh mahasiswa, dosen, pimpinan fakultas/ jurusan dan rektorat karena sangat bermanfaat. Wujud dukungan Rektor kami diberi bantuan dan pinjaman modal untuk mengembangkan jiwa kewirausaan mahasiswa. Mahasiswa menjadi kreatif, inovatif dan berwawasan. Mahasiswa menjadi betah berlama-lama dikampus dan tersalurkan minat dan bakatnya.

E. Peningkatan Pengabdian kepada Masyarakat (kegiatan dan implementasi perubahan, serta dukungan masyarakat)

Jelaskan upaya-upaya keterlibatan Saudara dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan bagaimana implementasinya! Berikan contoh keterlibatan Saudara!

Beberapa tahun terakhir ini saya merasakan bahwa penyuluhan yang saya laksanakan di masyarakat kurang bermanfaat bagi masyarakat. Apa yang saya sampaikan banyak yang kurang dimengerti. Teknologi yang disuluhkan kurang mendapat tanggapan, padahal teknologi ini sangat bermanfaat bagi kesejahteraan mereka, ini terlihat kurangnya masyarakat yang mau menerapkannya. Menyadari hal ini saya merubah pola penyuluhan saya. Saya lebih menekankan pada bimbingan teknis dari pada ceramah di ruangan. Saya ajak masyarakat untuk mengumpulkan bahan-bahan dan alat-alat yang diperlukan, lalu mereka dituntun cara membuatnya. Cara seperti ini ternyata lebih mudah diterima mayarakat. Terlihat banyak masyarakat atau kelompok masyarakat yang menerapkan teknologi yang saya suluh.

Ketika saya memberikan penyuluhan tentang pemanfaatan sampah rumah tangga menjadi pupuk kompos, saya mendapat  kesulitan karena ibu-ibu rumah tangga membuang sampah baik organik maupun anorganik dalam satu lobang. Bila dimanfaatkan untuk dijadikan pupuk kompos akan sulit memisahkannya. Kita membimbingkan mereka agar membuat dua petakan lobang di tanah ukuran 1 x 1 x 1 m berdekatan. Lalu memberikannya alas plastik. Satu lobang untuk sampah organik, satu lagi untuk sampah anorganik. Ketika sampah organik akan dimanfaatkan untuk dibuat kompos maka kita tinggal mengangkat dan memindahkan pada tempat dimana pupuk kompos di buat. Upaya sederhana ini dapat diterima masyarakat. Kini mereka telah menerapkan cara tersebut. Sedangkan sampah anorganik tinggal diangkat dan dibuang di tempat sampah umum. Selain itu saya berusaha memperbaharui teknologi yang akan disuluhkan pada masyarakat. Seperti dalam pembuatan pupuk organik dari sampah rumah tangga, awalnya bahan organik didekomposisi secara alami, kemudian untuk mempercepat ditambah dengan bakteri EM4, kemudian dengan Mikroorganisme lokal (MOL). Masyarakat juga diajari membuat MOL tersebut dan membuat kemasan pupuk organik tersebut agar mempunyai nilai jual.

Diperkotaan pekarangan rumah sangat sempit, namun pekarangan sempit tersebut bukan berarti kita tidak bisa bercocok tanam. sebenarnya dapat dicari teknologi hemat lahan yaitu dengan bercocok tanam secara vertical atau vertikultur. Selain itu kita juga bisa bercocok tanam dalam polibag atau pot. Namun banyak orang yang tidak menyadari hal tersebut. Maka dicoba dilakukan penyuluhan dengan bimbingan teknis yang intensif di RT. 24 Kandangmas. Komoditi yang ditanam adalah sayur-sayuran seperti cabai, tomat, terong, sawi, bayam, kunyit dan jahe. Mula-mula kita buat tiga contoh di pekarangan rumah warga. Kemudian melalui ketua RT kita minta mengumpulkan masyarakat untuk dilakukan penyuluhan dan bimbingan. Warga kita bawa ke tempat contoh tadi dan kita jelaskan manfaat dan cara membuatnya. Bagi yang tertarik kita bantu cara bercocok tanam vertikultur dan dalam polipag atau pot. Mereka tertarik karena dapat memperindah pekarangan (taman) dan dapat dimanfaatkan menjadi sayuran. Upaya memanfaatkan pekarangan untuk bertanam sayur-sayuran dapat diterima masyarakat terutama bagi ibu-ibu rumah tangga. Ini terbukti banyak warga komplek menerapkan teknologi tersebut.

BAGIAN II

Sebagai anggota komunitas sosial, berikan deskripsi diri Anda sendiri pada aspek-aspek berikut.

F. Karakter pribadi dalam berbagai situasi dan kondisi (kendali diri, kesabaran, ekspresi perasaan, rasionalitas)

Jelaskan karakter/kepribadian Saudara (pengendalian diri, kesabaran, empati, rasional) pada berbagai situasi! Berikan contohnya!

Saya merasa memiliki kemampuan pengendalian diri yang baik dalam berbagai situasi dan kondisi yang menekan. Sewaktu saya mendapat pekerjaan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mukomuko untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Mukomuko yang waktu pelaksanaannya cuma 25 hari kerja. Dalam proses penyusunannya saya disulitkan dalam memperoleh data-data dari setiap instansi, karena mereka belum memiliki system kearsipan yang baik dan belum memiliki gambaran perencanaan lima tahun kedepan. Selain itu Kepala Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) sering tidak ada ditempat dan sebagian tidak memiliki wawasan rencana kedepan dari SKPD yang dipimpinnya. Maklumlah Kabupaten Mukomuko adalah kabupaten pemekaran dan Kepala SKPD-nya banyak diangkat dari Sumber Daya Lokal. Dalam waktu yang sangat terbatas saya dan tim terpaksa menyusun perencanaan lima tahunan beberapa dinas yang belum siap tersebut. Siang malam kami menyelesaikan dokumen RPJM tersebut, Alhamdulillah dengan kondisi dibawah tekanan seperti itu saya mampu mengendalikan diri. Pekerjaan saya dapat terselesaikan. Beberapa Kepala Dinas dan Kepala Kantor mengucapkan terima kasih kepada kami karena mereka telah diberi wawasan dalam perencanaan yang baik.

Saya juga memiliki kemampuan untuk bersikap sabar yang baik dalam menghadapi berbagai hal yang tidak sesuai dengan harapan dalam berbagai situasi dan kondisi. Ketika saya memperoleh pekerjaan sebagai Tim Penilai Independen pengadaan bibit untuk program Gerakan Nasional Rehabilitas Hutan dan Lahan (Gerhan 2008) di propinsi Bengkulu, saya dihadapkan dengan pengusaha pengada bibit yang tidak bonafide dan konsisten dengan rencana kerjanya. Empat pengusaha pengada bibit tersebut menumpukkan bibit di titik-titik bagi yang tersebar disetiap kabupaten yang ada di Bengkulu menjelang akhir kontrak kerja dipertengahan Desember. Saya bersama rekan-rekan dan mahasiswa terpaksa kerja ekstra menilai bibit di berbagai tempat yang tersebar di sepuluh kabupaten/kota di propinsi Bengkulu dan menyusun laporan dalam waktu yang sangat terbatas. Alhamdulillah berkat kesabaran yang baik tidak terjadi konflik yang menajam dengan para pengusaha tersebut. Padahal kunci pencairan dana mereka pada kami LPI yaitu dana mereka akan cair bila telah dinilai oleh LPI.

Saya juga dapat merasakan berbagai perasaan orang lain dan mengekspresikan dengan baik. Salah seorang mahasiswa bimbingan skripsi saya di deadline oleh keluarganya harus wisuda bulan juni ini. Informasi ini disampaikan kepada saya pada bulan Desember 2008 yang lalu ketika yang bersangkutan konsultasi judul penelitian. Saya dapat merasakan kesulitannya. Orang tuanya hanya petani biasa, tinggal didesa. Dua adik perempuannya tidak melanjutkan kuliah. Satu adik laki-lakinya baru kuliah dan memerlukan biaya banyak karena kuliah di Jawa. Kalau dia bisa diwisuda bulan Juni ini berarti beban biaya orang tuanya dapat berkurang. Oleh karena itu saya anjurkan untuk penelitian yang memerlukan waktu singkat saja yaitu baby corn. Beliau sangat berterima kasih atas solusi yang saya berikan.

Saya merasa cenderung mengutamakan logika dari pada perasaan dalam menghadapi berbagai masalah. Ketika helm saya ‘dipinjam’ tanpa sepengetahuan saya oleh oknum mahasiswa saya sendiri (mungkin dia tidak tahu bahwa helm tersebut helm dosennya) pada suatu kegiatan kunjungan lapangan bimbingan dosen lain. Saya sempat kaget ketika mau pulang helm saya hilang. Saya lapor pada ketua jurusan dan satpam bahwa helm saya hilang dan saya mau pulang. Kebetulan saya tahu bahwa ada kunjungan lapangan mahasiswa hari itu dari bimbingan dosen lain. Saya minta dosen pembimbing tersebut untuk menyelidiki dan menanyakan ada tidak helm dengan ciri-ciri seperti ini dan itu dibawa mahasiswa, melalui sms. Ternyata ada. Saya minta segera menghadap saya besoknya dan mengembalikan helm saya. Besoknya mahasiswa yang bersangkutan menghadap saya, dan mengembalikan helm saya. Alasannya mengambil helm karena ada teman yang diboncengnya sedangkan helm cuma ada satu. Mau pulang ke rumah mengambil helm cadangan tidak memungkinkan lagi. Dia tidak tahu bahwa helm tersebut adalah helm saya.  Saya tidak marah-marah apa lagi sampai membentak. Saya menasehati mahasiswa tersebut, bahwa cara seperti itu merugikan orang lain. Saya katakan bahwa saya sampai tiga jam tidak bisa pulang gara-gara tidak memiliki helm. Mau membeli yang baru tidak memiliki uang. Mementingkan kepentingan pribadi (mencari selamat sendiri) dengan menzalimi orang lain itu perbuatan tidak baik. Saya sentuh perasaan bersalahnya, agar dia tidak mengulangi perbuatan tersebut pada siapapun. Dengan perasaan bersalah, menyesal mahasiswa tersebut memohon maaf. Tidak ada perasaan dendam dan keinginan untuk menzalimi mahasiswa tersebut. Akhir semester mahasiswa tersebut malah mendapat nilai A dari mata kuliah yang saya asuh, karena dia memang mampu. Tidak ada pengurangan nilai gara-gara mengambil helm saya.

G. Etos kerja (semangat, target kerja, disiplin, ketangguhan)

Jelaskan etos kerja (semangat, target kerja, disiplin, dan ketangguhan) dan bagaimana cara Saudara menghadapi masalah! Berikan contohnya!

Saya merasa memiliki semangat kerja yang tinggi dalam berbagai situasi dan kondisi. Selama saya menjadi Dekan hampir tidak satupun pekerjaan yang terbengkalai. Tugas-tugas sebagai Dekan sekaligus sebagai dosen yang memiliki tugas mengajar, membimbing, meneliti dan pengabdian pada masyarakat, ditambah lagi dengan proyek-proyek yang saya peroleh dari instansi pemerintah saya kerjakan dan saya lalui tanpa komplain dari pihak rektorat, bawahan, mitra kerja dan mahasiswa. Itu semua karena saya memiliki semangat kerja yang tinggi.

Dalam bekerja saya selalu menetapkan target kerja yang jelas untuk dicapai dan menetapkan rentang waktu untuk mencapainya. Sebagai dosen, sebelum mengajar saya membagi materi perkuliahan dalam beberapa kali pertemuan. Pembagian materi pelajaran ini saya sampaikan pada mahasiswa untuk disepakati.  Dalam pelaksanaannya, perkuliahan sesuai dengan jadwal. Materi yang disampaikan sesuai dengan pembagian waktu pertemuannya. Hampir tidak pernah saya melewati waktu yang telah disepakati. Itu karena saya memiliki target-target kerja.

Sebagai dosen saya memiliki disiplin yang tinggi. Saya selalu patuh dan taat pada aturan dan tata tertib dalam bekerja pada berbagai situasi dan kondisi. Saya hadir mengajar tepat waktu dan selesai mengajar tepat waktu. Praktikum dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah disepakati. Ketika Universitas banyak kegiatan dalam rangka dies natalis. Walaupun kegiatan itu menarik untuk ditonton saya tetap mengajar sesuai jadwal.

Saya juga memiliki ketangguhan yang tinggi. Saya tidak mudah menyerah dalam mencapai target kerja yang telah ditetapkan, sekalipun menghadapi banyak rintangan. Pada tahun 2008 saya memperoleh pekerjaan pengawasan dan penilaian bibit Gerakan Nasional Rehabilitas Hutan dan Lahan (Gerhan) dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BP.DAS) Ketahun Bengkulu. Menilai 750,000 bibit penghijauan lingkungan. Masa kontrak selama 35 hari dan berakhir 14 Desember 2008. Penilaian bibit di titik bagi (tempat penampungan sementara) tergantung kesiapan pengada bibit. Pengada bibit siapnya tanggal 11 Desember. Saya hanya memiliki waktu 4 hari untuk menilai bibit yang begitu banyak dan tersebar dalam 10 kabupaten dan kota se Propinsi Bengkulu. Laporan Akhir harus sudah masuk tanggal 14 Desember tsb. Alhamdulillah, dengan kepemimpinan saya yang baik dan ketangguhan kerja yang tinggi, pekerjaan tersebut dapat diselesaikan tepat pada waktunya, meskipun saya dan tim penilai bekerja siang dan malam untuk menyelesaikan tugas tersebut.

H. Integritas Diri (kejujuran, keteguhan pada prinsip, konsistensi, tanggung jawab dan keteladanan)

Jelaskan dan beri contoh integritas Saudara dalam kaitannya dengan kejujuran, keteguhan prinsip, konsistensi, tanggung jawab, dan keteladanan yang dapat ditunjukkan di lingkungan Saudara! Berikan contohnya!

Saya merasa memiliki kejujuran yang tinggi. Saya tidak pernah melakukan kecurangan, kebohongan, penipuan dan perbuatan tercela lainnya. Saya tidak pernah mengambil hak yang bukan hak saya, tidak pernah menjual nilai, mengambil upah membuat skripsi mahasiswa, tidak pernah menipu data penelitian, tidak pernah melakukan plagiat, tidak pernah memiliki skandal dengan mahasiswi, dosen dan karyawati, tidak pernah membuat malu institusi Unihaz.

Saya juga memiliki keteguhan pada prinsip. Saya memiliki keyakinan yang kuat mengenai sesuatu dan tidak mudah dipengaruhi oleh orang lain untuk berubah. Ketika saya menjadi Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Mukomuko Tahun 2007. Salah satu tugas saya adalah menegakkan hukum dibidang kehutanan dan perkebunan. Saya melihat kenyataan bahwa Perusahan Besar Perkebunan PT. Agromuko di salah satu estatenya (Sei Betung Estate), telah melebihi HGUnya yaitu 1250 ha. Lahan diluar HGU tersebut masuk dalam Hutan Produksi Terbatas (HPT), hutan yang tidak diperbolehkan untuk perkebunan kecuali izin Menteri Kehutanan. Saya permasalahkan PT. Agromuko. Saya lapor pada Bupati sebagai atasan saya. Awalnya beliau menyetujui rencana penegakan hukum saya. Saya ekspos di media massa (Koran dan TV lokal), saya sampaikan data-data pada LSM-LSM pencinta lingkungan, pihak Kejari dan Kepolisian. Saya dibujuk, dirayu dan ditekan oleh berbagai pihak. Setelah beberapa minggu saya dipanggil dan dimarahi Bupati. Saya dikatakan merusak tatanan yang sudah ada. Namun saya tetap berjuang, sampai saya dimutasi menjadi staf ahli bupati bidang pembangunan. Saya mendapat apresiasi dari bawahan saya dan rekan-rekan pencinta lingkungan dan menyayangkan sikap bupati yang memutasikan saya.

Saya merasa memiliki konsistensi yang tinggi. Saya merasa memiliki kemampuan untuk memelihara kesesuaian antara kata dan perbuatan dalam berbagai situasi dan kondisi. Selama saya menjadi dosen, atau pejabat di fakultas, saya belum pernah di klaim mahasiswa, dosen, karyawan  dan atasan karena tidak sesuai antara kata dan perbuatan. Bagi saya lain dimulut lain pula yang dikerjakan adalah perbuatan tercela dan tidak boleh dijadikan pemimpin karena tidak amanah. Saya selalu menegakkan aturan main yang sudah disepakati, konsisten menegakkan peraturan-peraturan dan norma-norma yang berlaku dimanapun saya berada.

Saya memiliki rasa tanggung jawab yang cukup tinggi. Saya taat menunaikan tugas dan kewajiban yang menjadi beban dan pekerjaan saya, serta mampu menjaga nama baik pribadi dan institusi. Selama saya menjadi dosen saya belum pernah mendapat surat peringatan karena meninggalkan tugas. Saya juga tidak pernah di klaim mahasiswa karena terlambat bimbingan skripsinya. Saya tidak pernah melanggar kode etik dosen dan saya tidak pernah  tidak sungguh-sungguh atas apa yang menjadi kewajiban dan tanggungjawab saya. Saya merasa puas bila beban pekerjaan itu dapat diselesaikan dengan sempurna dan tepat waktu.

Saya juga memiliki keteladanan artinya mampu menjadi contoh yang baik dalam bersikap dan berprilaku bagi orang-orang disekitar saya. Saya mampu menjadi sumber inspirasi, tempat bertanya dan meminta nasehat bagi banyak orang di dalam dan diluar kampus. Saya menjadi dekan dua priode. Saat pemilihan dekan baik priode pertama maupun periode kedua, saya tidak memiliki competitor alias calon tunggal. Saya ditawari oleh teman-teman untuk maju. Demikian juga pada periode kedua. Saya ditanya apakah masih bersedia lagi menjadi dekan? Saya kembali menjadi dekan tanpa pesaing. Ketika saya tidak boleh mencalon lagi pada priode ke tiga karena statuta, tercatat ada tiga calon dekan yang berkompetisi. Ini menunjukkan bahwa saya memiliki kewibawaan, dicintai dan disegani karena sikap dan prilaku saya dapat diteladani.


I. Keterbukaan terhadap kritik, saran, dan pendapat orang lain (penyikapan, penerimaan)

Bagaimana Saudara menyikapi kritik, saran dan pendapat orang lain? Berikan contohnya!

Ketika kritik, saran dan pendapat disampaikan pada saya, saya mampu menyikapi dan menghadapi kritik, saran dan pendapat tersebut dengan baik dan sopan. Saya tidak pernah menjadi marah, meskipun cara mereka menyampaikan kritik tersebut kadang-kadang sangat menyakitkan.  Saya sangat berterima kasih sekali pada setiap orang yang bersedia member kritik, saran dan pendapatnya.  Kritik tersebut saya anggap sebagai masukan untuk intospeksi diri untuk mengarah ke hal yang lebih baik. Tidak ada manusia yang sempurna. Meskipun kita sudah berbuat lebih baik, lebih hati-hati, ada saja yang alpa, tidak terpikirkan dan diluar kemampuan kita. Demikian juga dengan saran dan pendapat yang disampaikan, saya tidak melihat siapa yang menyampaikan tetapi apa yang disampaikannya.

Cara mengkritik yang pedas saya anggap bahwa yang bersangkutan masih dalam tahap belajar dalam menyampaikan pendapat. Tidak ada dendam atau ingin membalas dengan mencari-cari kelemahan. Saya malah berterima kasih atas kritik, saran dan pendapat yang disampaikan kepada saya.  Dalam menanggapi kritik, biasanya saya akan mendengar kritikan yang dilontarkan pada saya. Saya akan melihatnya secara obyektif kebenaran kritik tersebut. Bila saya tidak yakin dengan kritik tersebut saya akan mencari pendapat orang lain agar saya lebih yakin dengan obyektivitas isi kritikan. Bila kritik, saran dan pendapat tersebut memberi kearah yang lebih baik atau bersifat membangun, maka saya akan menerima dan melaksanakannya.

J. Peran sosial (kemampuan kerja sama, kemampuan komunikasi)

Bagaimana kemampuan Saudara dalam menjalin kerjasama dan berkomunikasi dengan berbagai pihak (teman sejawat, staf administrasi, atasan, mahasiswa, dan masyarakat)? Berikan contohnya!

Kemampuan kerjasama saya cukup baik. Saya mampu bekerjasama dalam satu tim kerja, serta mampu menempatkan diri dengan baik sebagai anggota tim kerja. Teman-teman dosen, karyawan dan mahasiswa yang ikut dalam satu tim dimana saya sebagai pemimpin/anggota kegiatan merasa puas dengan dengan saya. Tidak ada complain. Pembagian tugasnya jelas, hak dan wewenangnya jelas, sistematik, adil, termasuk dalam pembagian keuntungannya. Mereka merasa dihargai, pendapat mereka didengar dan dipertimbangkan, tidak ada sekat atasan dan bawahan. Saya bisa bercengkrama dengan mereka. Ketika saya mendapat pekerjaan baru lagi, tidak ada yang menolak ketika saya ajak kembali.Â

Kemampuan komunikasi saya juga baik. Saya mampu menyampaikan pendapat saya tanpa orang lain merasa tersinggung. Saya mampu menyampaikan gagasan, pendapat, pesan, pemahaman dengan baik. Orang lain bisa memahami gagasan, pendapat, pesan dan pemahaman yang saya sampaikan dengan baik. Saya mampu menghargai dan meyakinkan orang lain. Banyak pekerjaan yang dipercayakan kepada saya yang diberikan oleh pemerintah daerah, seperti penyusunan dokumen RPJM, RKPD, Starda PDT, RAD PDT, Survey Investigasi Design (SID), LPI, Renstra dan lain-lain. Ini menunjukkan kemampuan komunikasi saya yang baik. Selain itu saya sering diminta sebagai pemberi kata sambutan baik dipesta-pesta perkawinan, musibah kematian, sunatan dan sebagainya. Saya juga dapat memahami dengan baik gagasan dan pesan yang disampaikan kepada saya.

K. Orisinalitas (kreativitas dan inovasi)

Jelaskan kemampuan Saudara dalam menemukan dan menerjemahkan ide-ide baru untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas dalam berbagai aspek pekerjaan Saudara! Berikan contohnya!

Saya merasa memiliki kreativitas yang baik. Saya cukup mampu melihat berbagai peluang untuk perubahan dan perbaikan dalam berbagai aspek, sehingga memiliki beragam ide baru yang unik dan khas. Penelitian S2 saya mengenai analisis energy pada berbagai paket teknologi padi sawah. Pada waktu itu (1992) belum ada yang meneliti tentang analisis energy seperti tersebut. Saya ingin menemukan cara bercocok tanam padi sawah yang hemat energy dan secara ekonomi menguntungkan. Usaha penghematan energy harus sudah dilaksanakan tidak terkecuali dibidang pertanian.

Saya memiliki kemampuan inovasi yang cukup baik. Saya cukup mampu menerjemahkan dan mengimplementasikan gagasan dan ide baru. Ketika mulai diperkenalkan Kurikulum Berbasis Kompetensi, saya mulai mempelajarinya dan mengirim Pembantu Dekan I dan Ketua-ketua jurusan untuk mengikuti seminar dan lokakarya berkenaan dengan kurikulum tersebut. Setelah kami memiliki persamaan persepsi tentang kurikulum tersebut maka kami bawa ke rapat dosen untuk diminta tanggapannya. Kemudian kami bawa ke rapat senat fakultas untuk diminta tanggapan dan persetujuan. Akhirnya sejak tahun 2005 kurikulum berbasis kompetensi mulai diterapkan di Fakultas Pertanian Unihaz.

Deskripsi diri ini saya buat dengan sesungguhnya dan jika diperlukan saya bersedia untuk menyampaikan bukti-bukti terkait.

                                                                           Â

Bengkulu,   Juni 2009

Dosen Yang Diusulkan

 Ir. Risvan Anwar, M.Si

(—————————––)

 NIP. 131 885 596

Mengesahkan,

Dekan Fakultas Pertanian

  Eka Suzanna, SP, M.Si

(——————————–)

NIP. 132 093 249

Mengetahui,

Ketua Jurusan Agronomi

     Ir. Prihanani, M.Si

(——————————–)

     NIP.131 990 777

                                                                           Â

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



LAMPIRAN DISKRIPSI DIRI:

CURRICULUM VITAE

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CURRICULUM VITAE

IDENTITAS DIRI

Nama                                        : Ir. Risvan Anwar, M.Si

Nomor Peserta                         : 091137411540008

NIP/NIK                                    : 131 885 596        Â

Jenis Kelamin                           : □√ Laki-laki            □ Perempuan

Tempat dan Tanggal Lahir        : Padang, 7 Maret 1965

Status Perkawinan                    : □√ Kawin   □ Belum Kawin      □ Duda/Janda

Agama                                       : Islam        Â

Golongan / Pangkat                 : IV a / Pembina      Â

Jabatan Fungsional Akademik  : Lektor Kepala       Â

Perguruan Tinggi                      : Univ. Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu

Alamat                                       : Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 01 Bengkulu

                   Telp./Faks.            : (0736) 344918; 20956

Alamat Rumah                         : Kandang Mas Mulya Blok A No. 154 RT. 24/RW.06 Kampung

                                                   Melayu Bengkulu   38216

                   Telp./Faks.            : HP. 0811732111

E-mail                                        : Tidak Ada

RIWAYAT PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI

Tahun

Lulus

Jenjang

Perguruan Tinggi

Jurusan/

Bidang Studi

 

1989

S1

Fak. Pertanian Univ. Bengkulu

Budidaya Pertanian/ Budidaya Pertanian

 

1994

S2

IPB, Bogor

Agronomi/ Ekologi Tanaman

 

PELATIHAN PROFESIONAL

Tahun

Pelatihan

Penyelenggara

1985

Basic Training (Kepemimpinan)

HMI Cab. Bengkulu

1886

Intremediat Training (Kepemimpinan)

HMI Cab. Palembang

1988

Penataran Kewaspadaan Nasional

Kopkamtib dan Lemhanas

1994

Pendidikan Kader Tk. Nasional (Kepemimpinan Pemuda)

DPP Mapancas

1995

Penataran P4 Tk. Nasional

BP-7 Pusat

1995

Developing an Enterprise Culture in Higher Agric. Educ.

IPB, British Council, Royal Agric. College

1996

Latihan Kader Tingkat Utama (Kepemimpinan Pemuda)

DPP. AMPI

1998

Pemantapan Wawasan Kebangsaan

Menpora

2000

Achievement Motivation Training

Kopertis Wil. II

2009

Sosialisasi Sertifikasi Dosen PTS di lingkungan Kopertis Wil II

Kopertis Wil. II

2009

Metodologi Penelitian Dosen

Kopertis Wil. II

PENGALAMAN JABATAN

Jabatan

Institusi

Tahun … s.d. …

Ass. Ahli Madya

(Fungsional)

Fakultas Pertanian Univ. Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu

1-10-1991 sd

31-8-1994

Asisten Ahli

(Fungsional)

Fakultas Pertanian Univ. Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu

1-9-1994 sd

31-3-1997

Lektor Muda

(Fungsional)

Fakultas Pertanian Univ. Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu

1-4-1997 sd

31-12-2000

Lektor Â

(Fungsional)

Fakultas Pertanian Univ. Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu

1-1-2001 sd

31-1-2004

Lektor Kepala

(Fungsional)

Fakultas Pertanian Univ. Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu

01-02-2004 sd

Sekarang

Pembantu Dekan I Fak. Pertanian Unihaz

Fakultas Pertanian Univ. Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu

1997sd 2000

Dekan Fak. Pertanian Unihaz

Fakultas Pertanian Univ. Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu

2000 sd 2006       (dua periode)

Kabid. Â Konservasi

Rehab & Pengusahaan

hutan Hutbun Mukomuko

Kabupaten Mukomuko

04-12-2006

sd

7/2/2007

Kabid. Â Bina Program

Bappeda Mukomuko

Kabupaten Mukomuko

07-02-2007 sd

11/4/2007

Kepala Dinas

Hutbun Mukomuko

Kabupaten Mukomuko

12-04-07 sd

3/2/2008

Staf Ahli Bupati

Mukomuko

Bidang Pembangunan

Kabupaten Mukomuko

4/2/2008

sd

1/7/2008

PENGALAMAN MENGAJAR

Mata Kuliah

Jenjang

Institusi/Jurusan/Program

Tahun … s.d. …

Pengelolaan Gulma

S1

Fak. Pertanian Unihaz/ Agronomi/ Agronomi

1990-Sekarang

Klimatologi Dasar

S1

Fakultas Pertanian Unihaz/ Agronomi dan Budidaya Perairan

1990-Sekarang

Penulisan/Metode Ilmiah

S1

Fakultas Pertanian Unihaz/ Agronomi dan Budidaya Perairan

1990-Sekarang

IBTK Tahunan II

S1

Fak. Pertanian Unihaz/ Agronomi/ Agronomi

2008- Sekarang

Pengantar Ilmu Pertanian

S1

Fak. Pertanian Unihaz/ Agronomi/ Agronomi

2008- Sekarang

PENGALAMAN MEMBIMBING MAHASISWA

Tahun

Pembimbingan/Pembinaan

1994-2000

Pembimbing Akademik

1994-2009

Pembimbing Praktek Kerja Lapang

1994-2009

Pembimbing Skripsi

1994-2000

Pembimbing Lapangan Kuliah Kerj Nyata

1994-2009

Pembimbing Seminar Akademik

PENGALAMAN PENELITIAN

Tahun

Judul Penelitian

Jabatan

Sumber Dana

1995

Studi allelopi tanaman nilam (Pogostemon cablin, Benth) terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung dan kedelai

Ketua

LPPM Unihaz

1996

Pengaruh allelopati ekstrak danun nilam (Pogostemon cablin, Benth) terhadap pertumbuhan dan hasil kacang tanah dan kacang hijau

Ketua

LPPM Unihaz

1997

Pengaruh daun nilam (Pogostemon cablin, Benth) terhadap pertumbuhan dan hasil cabe dan terong

Ketua

Mandiri

1998

Pengaruh ekstrak daun nilam (Pogostemon cablin, Benth) terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sawit dan tomat

Ketua

Mandiri

1999

Uji berbagai pola tanam nilam-kedelai untuk menghindari pengaruh allelopati nilam

Ketua

Peneliti Muda Dikti

2000

Uji interaksi tanaman kangkung (I. replans C. Doir) terhadap gulma Cleome rutidospermae DC. dan Cyanotis axilaris L.

Ketua

LPPM Unihaz

2001

Pengaruh ekstrak akar tuba terhadap mortalitas hama ulat grayak (spodoptera litura) pada tanaman kedelai

Ketua

Mandiri

2001

Pengaruh Residu Herbisida Paraquat + Diuron terhadap Pertumbuhan dan Hasil Baby Corn

Ketua

LPPM Unihaz

2002

Pengaruh pengolahan tanah dan konsentrasi atonik terhadap pertumbuhan dan stek nilam (Pogostemon cablin Benth)

Ketua

Mandiri

2003

Pengaruh cara pengolahan tanah dan pengendalian gulma terhadap pertumbuhan dan hasil kedelai (Glycine max L. Merryl)

Ketua

LPPM Unihaz

2004

Pengaruh tingkat kekeruhan air pembawa terhadap efektifitas herbisida glyphosate pada alang-alang (I. cylindrica  L.)

Ketua

Mandiri

2005

Uji berbagai herbisida terhadap gulma dan pengaruhnya pada pertumbuhan dan hasil padi sawah system tebar langsung

Ketua

LPPM Unihaz

2006

Uji berbagai herbisida dalam pengendalian gulma dilahan perkebunan sawit

Ketua

LPPM Unihaz

2007

Uji berbagai herbisida dalam pengendalian gulma tanaman karet

Ketua

LPPM Unihaz

2008

Uji berbagai herbisida dalam pengendalian gulma pada pertanaman kedelai di lahan basah

Ketua

LPPM Unihaz

 

KARYA TULIS ILMIAH

A. Buku/Bab/Jurnal

Tahun

Judul

Penerbit/Jurnal

2002

Pengaruh Residu Herbisida Paraquat + Diuron terhadap Pertumbuhan dan Hasil Baby Corn

Jurnal Akta Agrosia ISSN: 1410-3354Â Vol. 5 N0.1 Jan-Juni 2002

2004

Pengaruh konsentrasi urine sapi terhadap pertumbuhan berbagai jenis stek nilam (Pogostemon cablin Benth)

Jurnal Agrogua vol.2 No. 01 Juni 2004

2005

Pengaruh macam mulsa dan jarak tanam terhadap pertumbuhan dan produksi kubis (Brasica oleracea, L)

Jurnal Agroqua ISSN No.0216-8585 Vol.3 No.2 Desember 2005.

2005

Uji berbagai herbisida terhadap gulma dan pengaruhnya pada pertumbuhan dan hasil padi sawah sistem tebar langsung

Jurnal Agroqua ISSN No.0216-8585 Vol.3 No.2 Desember 2005.

2006

Uji berbagai herbisida dalam pengendalian gulma dilahan perkebunan sawit

Jurnal Agroqua ISSN No.0216-8585 Vol.4 No.1Â Juni 2006.

2008

Uji berbagai herbisida dalam pengendalian gulma tanaman karet

Jurnal Raflesia ISSN 1411-2434 Vol. 11 No. 1 Januari 2008.

2008

Uji berbagai herbisida dalam pengendalian gulma pada pertanaman kedelai di lahan basah

Jurnal Raflesia ISSN 1411-2434 Vol. 12 No. 2Â Juli 2008

17 – 22 Mei 2006 (berseri)

Percepatan pembangunan kabupaten Mukomuko untuk lepas dari predikat kabupaten tertinggal

Harian Berita Marlborough, 17 – 22 Mei 2006 (berseri)

29 Agustus 2006

Bertanam jarak untuk penyelamatan Negara dari krisis

Harian Rakyat Bengkulu, 29 Agustus 2006

2006

Pemberdayaan masyarakat sekitar hutan

Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BP.DAS) Ketahun, Bengkulu. (Pembengkalan LSM Pendamping Gerhan)

24 Februari, 2008

Meningkatkan Kesejahteraan Petani Padi Sawah

Mukomuko Pos, 24 Februari, 2008

4 Maret 2008

Pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan

Mukomuko Pos, 4 Maret 2008

B. Makalah/Poster

Tahun

Judul

Penyelenggara

 

C. Penyunting/Editor/Reviewer/Resensi

Tahun

Judul

Penerbit/Jurnal

 

PESERTA KONFERENSI/SEMINAR/LOKAKARYA/SIMPOSIUM

Tahun

Judul Kegiatan

Penyelenggara

2006

Seminar dan Lokakarya Nasional Sekolah Unggul

Unihaz kerjasama dengan Yayasan Damandiri

2009

Seminar Nasional Penanggulangan Terorisme (Cetak biru Komunitas Sosial Budaya ASEAN)

Dirjen Kerjasama ASEAN Deplu

KEGIATAN PROFESIONAL/PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Tahun

Kegiatan

2005

Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kab. Mukomuko

2006

Penyusunan RKPD Kab. Mukomuko.

2006

Penyusunan Strada PDT Kabupaten Mukomuko.

2006

Penyusunan Rencana Aksi Daerah PDTÂ Kab. Mukomuko.

2006

Survey Investigasi Design. Dinas Kehutanan dan Perkebunan Mukomuko.

2006

Penilai Independen Bibit Gerhan. BP. DAS Ketahun Bengkulu.

2006

Penilai Kinerja Gerhan. BP. DAS Ketahun Bengkulu.

2007

Penyuluhan dan Bimbingan Bercocok tanam cabai system mulsa plastic. Desa Pekik Nyaring.

2007

Bercocok tanam palawija dalam pot. Desa Pekik Nyaring

2008

Bercocok tanam palawija dalam pot. Kandang Mas Kampung Melayu.

2008

Pembuatan pupuk kompos dari sampah rumah tangga. Kandang Mas Kampung Melayu

2008

Penilai Independen Bibit Gerhan. BP. DAS. Ketahun Bengkulu

2009

Pembuatan pupuk kompos organic. Desa Pekik Nyaring

PENGHARGAAN/PIAGAM

Tahun

Bentuk Penghargaan

Pemberi

 

 

 

ORGANISASI PROFESI/ILMIAH

Tahun

Organisasi

Jabatan

1994

Himpunan Ilmu Gulma Indonesia (HIGI)

Anggota

 

Saya menyatakan bahwa semua keterangan dalam Curriculum Vitae ini adalah benar dan apabila terdapat kesalahan, saya bersedia mempertanggungjawabkannya.

Bengkulu,   Juni 2009

Mengetahui                                                                 Dosen Ybs

Ketua Jurusan Agronomi                                           Â

   Ir. Prihanani, M.Si                                                   Ir. Risvan Anwar, M.Si

(………………………………..)                                      (…………………………………..)

 NIP. 131 990 777                                          NIP. 131 885 596

 

 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: